Sederet Power bank Pintar Yang Cocok Kamu Gunakan Saat Berpetualang Di Alam Bebas

Mulai Petualangan Seru Tanpa Drama LowBatt  Di Tengah Hutan Belantara!

Buat kamu yang mempunyai jiwa petualang tinggi, kegiatan menjelajah di alam bebas mungkin menjadi salah satu agenda wajib yang biasanya rutin dilakukan. Selain sebagai pelarian dari rutinitas yang membosankan, menyusuri dan mengabadikan tempat baru yang eksotis nan ajaib di alam bebas terkadang bisa menjadi obat penghilang stress dan luka lara paling wahid seantero jagat.

Kenapa sih kita butuh gadget di alam bebas?

Di jaman sekarang ini, selain peralatan kemah, smartphone juga telah menjelma menjadi barang yang wajib dibawa saat berada di alam bebas. Eitss, jangan keburu ngatain alay ya! Di alam bebas, kita memang tidak bisa dengan mudah pamer atau berkeluh kesah di media sosial. Tapi dengan smartphones,  kita bisa melakukan banyak hal dengan lebih mudah. Mulai dari fitur penunjuk arah, pengirim sinyal S.O.S, pengganti lampu darurat sampai dengan fitur yang paling penting, kamera!

Yups, bagi kaum milennial, menyimpan semua potret menakjubkan yang tersaji di depan mata adalah suatu hal yang wajib hukumnya. Jika bisa diibaratkan, berpetualang di alam bebas tanpa mengabadikannya kedalam kamera, sama halnya seperti memendam rasa kepada si Dia sejak lama, tapi di matanya kita cuma dianggap sebatas teman curhat biasa! Iya, semuanya bakal terasa hampa dan sia-sia.

Balik Lagi Ke Masalah Power Bank!

Kalau kita sudah bicara mengenai smartphone, gadget yang tidak kalah penting untuk dibawa selanjutnya adalah Power Bank. Gadget sejuta umat ini memang sudah terbukti mampu menyediakan sumber daya listrik dikala smartphone kita sedang lowbatt. Tidak bisa dipungkiri lagi, smartphone dan Power Bank telah membentuk suatu ikatan hakiki yang tak terpisahkan, bersinergi bagaikan Tarzan dan Jane yang mampu menaklukan ganasnya alam liar bersama, asek!

Seperti yang kita tahu, tidak ada pasokan listrik yang tersedia di alam bebas. Semakin sering kita menggunakan smartphone, maka ketergantungan kita akan Power Bank juga bakal semakin besar. Jadi mau tidak mau kita harus bisa menghemat daya di Power Bank semaksimal mungkin.  Nggak lucu kan kalau smartphone tiba-tiba mati dan nggak bisa diandalkan tepat disaat kita lagi butuh-butuhnya? Duh, itu smartphone apa gebetan ya?

Untungnya sekarang sudah banyak bermunculan power bank pintar yang bisa kita gunakan di alam bebas.  Sebagian Power Bank pintar tersebut mencari alternative sumber energi lain yang tersedia di alam bebas agar smartphone kita tetap hidup. Nggak percaya? Langsung aja cek rekomendasi power bank pintar yang bisa kamu gunakan dibawah!

1. Siva Atom, Isi Ulang Smartphone Sambil Cuci Mata Bersepeda.

Power Bank yang satu ini bakal cocok buat kamu yang membawa sepeda di alam bebas. Dengan hanya menempelkan Siva Atom pada bagian samping roda sepeda, Power Bank yang mengintegrasikan tenaga dinamo ini mampu memberikan kekuatan pengisian daya sekitar 5V disaat kamu berkeliling mengayuh sepeda, Keren kan!

Siva Atom dilengkapi dengan satu unit baterai berkapasitas 1650 mAH. Meski tidak banyak, Power Bank ini sanggup untuk mengisi ulang daya sebuah smartphone ataupun alat elektronik bervoltase rendah lainnya.

Gambar diambil dari akun SivaCycle1 di youtube.com

Dengan desain sederhana yang cocok di hampir segala jenis model sepeda, Siva atom juga sudah dipersenjatai dengan fitur waterproof  IP4. Jadi jangan khawatir, Power Bank yang bisa didapatkan dikisaran harga Rp 1.900.000 ini masih bisa berfungi dengan baik dikala terkena air, asalkan penggunanya tidak bersepeda langung didalam sungai.

2. Voltaic Systems,  Tinggal Gantung Di Bawah Terik Matahari.

Kalian pastinya sudah tidak asing dengan teknologi solar cell kan? Ya, teknologi yang mengandalkan sinar matahari ini sudah diaplikasikan di berbagai inovasi alat elektronik ramah lingkungan, termasuk Power Bank.

Dari sekian banyak Power Bank yang mengusung teknologi solar cell, Voltaic System hadir dengan berbagai fitur unggulan. Power Bank dengan berat kurang dari setengah kilogram ini menawarkan desain tangguh dengan waterproof, kapasitas baterai yang besar serta kecepatan di proses pengisian ulang daya melalui kedua sisi solar panel nya.

Produsen dari Voltaic System ini mengklaim bahwa alatnya mampu mengisi penuh baterai berkapasitas 4000mAH dalam kurun waktu 3.5 jam dibawah terik matahari langung. Tergolong waktu yang lumayan cepat jika dibandingkan dengan Power Bank sejenis lainnya.

Gambar diambil dari https://www.funkyleisure.co.uk

Dibuat dengan konsep desain yang praktis dan ringan, Voltanic System sengaja dirancang untuk bisa digantungkan di tas backpack dan tenda milik penggunanya, sehingga Power Bank yang dibanderol dikisaran harga Rp. 1.400.000 ini bisa terus digunakan, baik disaat kita bergerak maupun beristirahat, Wow!

3. WaterLily Turbines, Praktis Di Tempat Yang Berangin Dan Dekat Sungai

WaterLily Turbines adalah generator yang memanfaatkan energi dari hembusan angin dan derasnya aliran air untuk menjaga smartphone dan peralatan elektronik lain tetap menyala.

Dikala teknologi solar cell membutuhkan sumber energi di rentang waktu yang terbatas dan mengharuskan penggunaan daya secara lebih efisien, Inovasi dari WaterLily turbines seakan hadir melawan kelemahan itu semua. Tanpa bergantung dari sinar matahari, gadget yang dirilis oleh perusahaan startup asal Kanada, Seaformatics ini diklaim mampu bertahan di waktu siang dan malam pada musim apapun, layaknya sebuah daya listrik yang ada di pemukiman, Hebat!

Sama halnya dengan perangkat outdoor lain, generator mini berdiameter 7 inci ini didesain dengan material yang kokoh sehingga mampu bertahan dalam derasnya arus air sungai dan laut maupun terkena paparan debu saat digunakan di udara.

Gambar diambil dari https://waterlilyturbine.com/

Berbeda dari 2 konsep Power Bank sebelumnya, gadget yang satu ini tidak menyimpan energi yang dihasilkan kedalam sebuah baterai, namun mengalirkannya langsung ke peralatan elektronik yang diinginkan. Dengan kabel penghubung sepanjang 12 kaki, WaterLily Turbines mampu menyediakan kebutuhan listrik ke hampir semua perangkat elektronik yang memiliki port berbentuk USB. Generator mini ini juga bisa disusun secara pararel sehingga membuat pengisian daya gadget akan menjadi lebih cepat berkali-kali lipat.

Nampak seperti perangkat yang tidak memiliki celah bukan? Namun sayang, dengan harga sekitar Rp 1.400.000, generator WaterLily Turbines ini hanya akan bekerja jika kecepatan air dan angin menemui kriteria kondisi yang telah ditentukan. Semisal, untuk mengisi daya secara optimal, kecepatan minimum aliran air atau angin yang dibutuhkan, masing-masing sebesar 0.7 mph dan 6.7 mph.

Bagaimana? Pastikan kamu menemukan tempat dengan aliran air atau angin yang tepat sebelum membawa perangkat ini ke alam bebas!

4. Ephipany onE Puck, Tungguin Sambil Minum Kopi

Bagi kalian yang suka bersantai menikmati pemandangan alam bebas sembari meminum secangkir kopi, maka Ephipany onE Puck bisa menjadi salah satu gadget yang menarik untuk dibawa.

Ephipany onE Puck adalah generator yang merubah energi dari permukaan panas atau dingin minuman menjadi sebuah daya listrik, inovatif bukan? Meskipun daya yang dihasilkan tidak begitu besar, namun perangkat ini mampu menghidupi sebuah iphone, ipod atau android.

Gambar diambil dari https://www.kickstarter.com

Dengan bentuk layaknya sebuah tatakan gelas, pengguna tinggal meletakan minuman panas diatas perangkat dengan sisi merah, atau minuman dingin diatas sisi biru yang ada dibaliknya. Secara sederhana, semakin panas atau dingin suatu permukaan benda yang diletakan diatas Ephipane onE Puck, maka semakin cepat pula pengisian daya ke smartphone yang diinginkan.

Karena berkaitan erat dengan minuman, gadget seharga Rp 1.400.000 ini sengaja didesain untuk bisa tahan terhadap tumpahan air, walaupun akan tetap rusak apabila pengguna dengan sengaja menuangkan seluruh isi minumanya ke atas permukaan gadget, jangan dicoba!

5. SOSCharger, Persiapkan Otot Tanganmu

Nah, andaikan keempat alternatif sumber daya diatas susah kamu temui saat berpetualang di alam bebas, satu-satunya harapan yang tersisa sekarang adalah percaya terhadap kekuatan diri sendiri. Ya, kekuatan diri sendiri dalam arti yang sebenarnya.

Didalam keadaan darurat, SOSCharger adalah pilihan yang sangat tepat untuk dibawa saat berada di alam bebas. Generator yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone dengan memutar pedal yang ada di perangkat ini menggunakan kekuatan tangan.

Gambar diambil dari https://www.soscharger.com

Layaknya sebuah power bank, Generator mini dengan ukuran sebesar Ipod ini juga telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2,300 mAh. Meskipun baterai didalam perangkat habis, dalam keadaan darurat pengguna dapat memutar pedal selama 3 – 5 menit untuk kembali menghidupkan smartphone di rentang waktu 10-12 menit, sejumlah waktu berharga yang memungkinkan penggunanya untuk bertindak dalam keadaan kritis.

Kalau kamu tertarik,  jangan lupa siapkan dana sebesar Rp 826.000 untuk memiliki gadget unik yang satu ini ya.

6. Power Bank Mainstream Berkualitas, Buat Kamu Yang Ekonomis!


Layaknya sebuah romansa cinta yang tak sempurna, begitu pula halnya dengan kelima rekomendasi power bank yang telah disebutkan sebelumnya. Ya, kelima gadget tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi kalau boleh disimpulkan, sederet power bank itu mempunyai garis keterbatasan yang sama, yakni keterbatasan dalam mendapatkan alternatif sumber energi dan juga keterbatasan budget dari calon penggunanya, Eh!

Jujur saja, meskipun harganya berbanding lurus dengan keunikan fitur yang diberikan, tapi mungkin bagi sebagian orang, rentang harga tersebut tergolong mahal, apalagi untuk ukuran sebuah power bank. Kalau kamu tipikal orang ekonomis yang suka membeli sesuatu untuk kebutuhan jangka panjang, maka power bank biasa dengan kualitas baik dan kapasitas baterai super besar adalah jawabannya.

Walaupun cara kinerjanya mainstream, tapi setidaknya dengan kualitas dan kapasitasnya yang besar, hal itu akan cukup membantumu untuk mampu bertahan saat berpetualang di alam bebas, walau hanya sebentar, tidak selama penyesalan ditinggal nikah oleh mantan, ugh!

Power bank mainstream ini juga bakal bisa kamu gunakan diluar kegiatan menjelajah di alam bebas. Jadi nggak perlu takut rugi kalau harus keluar duit banyak tapi barangnya cuma bisa dipakai sekali atau dua kali.

Beragam wujud dan merk dari power bank bertenaga listrik ini juga sudah bermunculan di hampir seluruh situs belanja online yang ada di Indonesia. Tapi kalau kamu masih bingung, coba cek kumpulan power bank terbaik dengan kapasitas besar yang ada di BukaReview, sebuah terobosan terbaru dari BukaLapak! Dengan melimpahnya review jujur disana, dijamin nggak bakalan ada lagi drama saat memilih power bank untuk menemani rutinitas kamu, baik di kota atau bahkan di hutan belantara.

Jadi, Mau Pilih Yang Mana?

Sudah menentukan power bank mana yang bakal kamu bawa untuk menjelajah di alam bebas? Mau pilih power bank unik dengan energi alternatif atau lebih suka berbagai power bank mainstream terbaik dari review yang ada disini?

Memang sih, kita dituntut untuk lebih cermat memilih power bank sesuai dengan skenario kondisi kita saat berada di alam bebas.  Tapi akan lebih ajib lagi kalau kita bisa membawa dan memadukan kedua jenis power bank tersebut, dijamin smartphone kamu bakalan tetep eksis meski kamu menjelajah berhari hari di alam bebas, percaya deh!

Selamat Menjelajah!

2 thoughts on “Sederet Power bank Pintar Yang Cocok Kamu Gunakan Saat Berpetualang Di Alam Bebas”

  1. Wisesa says:

    Artikelnya bagus kak

  2. briandika13 says:

    Ya sepertinya saya lebih tertarik dengan yang tenaga solar, nice info dude

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *