3 Penemu Teknologi Asal Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Ilustrasi Ilmuan Indonesia Diakui Dunia Internasional . Gambar disadur dari freepik.com

Mereka bertiga adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kita harus Bangga Menjadi Indonesia!

Teknologi adalah satu dari banyak bidang yang mengalami perkembangan pesat luar biasa, tidak hanya di Indonesia saja bahkan dari seluruh penjuruh dunia. Memang benar, peran teknologi sangat membantu banyak orang di kehidupan sehari-hari, hal ini berkat mereka para penemu dan para ahli yang memang sudah profesional di bidang teknologi.

Namun tahukah anda jika ada beberapa teknologi yang digunakan sehari-hari ternyata ditemukan oleh orang Indonesia? Tanpa kita sadari, ternyata beberapa teknologi yang kita gunakan sehar-hari adalah hasil penemuan dari orang-orang Indonesia. Hal ini terbukti juga oleh pengakuan dunia Internasional terhadap penemuan mereka. Lalu siapa saja mereka? Berikut Pintasan.ID memberikan berita tentang 3 Penemu Teknologi Asal Indonesia yang Diakui Dunia Internasional.

1. Prof. Dr. Khoirul Anwar (Inovasi Teknologi Broadband 4G LTE)

Foto Khoirul Anwar . Gambar disadur dari Validnews.id

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa jaringan 4G ditemukan oleh orang Jepang, namun tahukah anda bahwa sebenarnya jaringan ini ditemukan oleh orang Indonesia yang terlahir dengan nama Prof. Dr. Khoirul Anwar.

Pemilik paten teknologi boardband yang menjadi standard internasional ITU ini lahir di Kediri, Jawa Timur pada tahun 1978. Sementara itu teknologi yang diciptakan ini menjadi langkah awal aadanya mobile 4G LTE yang bisa digunakan di berbagai gadget sekarang ini.

2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo (penemu sistem pondasi cakar ayam)

Foto Prof. Ir. R.M. Sedyatmo . Gambar disadur dari Validnews.id

Berikutnya ada nama Prof. Ir. R.M. Sedyatmo yang terlahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada tahun 1909. Berjuluk “Si Kancil” karena terkenal dengan banyak akalnya saat menempuh pendidikan di Technische Hogescholl (THS) (sekarang ITB) Bandung. Beliau adalah orang yang selalu dihormati di dunia karena berhasil menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang banyak kita kenal denan pondasi cakar ayam pada tahun 1962.

Pria lulusan ITB di tahun 1934 berhasil menciptakan sistem yang begitu stabil di atas lahan yang tidak stabil, sehingga sistem ini memungkinkan digunakan pada banyak bangunan di seluruh penjuru dunia, salah satunya adalah digunakan pada landasan pacu bandar udara Soekarno Hatta.

3. Yogi Ahmad Erlangga (Inovasi rumus matematika dalam berbagai masalah perminyakan)

Foto Yoga Ahmad Erlangga . Gambar disadur dari Validnews.id

Yogi Ahmad Erlangga lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 8 Oktober 1974. Beliau adalah seorang ilmuwan yang berhasil memecahkan persamaan Helmholtz menggunakan metode matematika numerik dan mendapatkan Penghargaan Bakrie Award X pada tahun 2012.

Pria yang juga tercatat sebagai doktor matematika termuda ini juga berhasil membuat perusahaan minyak dunia sekaliber Shell kepincut akan penemuannya tadi. Bagaimana? Hebat bukan.

Itulah informasi tentang 3 Penemu Teknologi Asal Indonesia yang Diakui Dunia Internasional. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda. Sedikit kutipan quote dari Steve Jobs

Teknologi bukanlah apa-apa. Hal yang penting adalah kamu memiliki keyakinan terhadap orang lain, dimana mereka pada dasarnya baik dan pintar, dan jika kamu memberikan mereka peralatan, mereka akan melakukan hal yang menakjubkan dengan alat-alat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *