4 Cara Ajaib Yang Membuat Baterai Smartphone Awet Dan Bertahan Lebih Lama, Penasaran?

Ilustrasi Baterai pada Smartphone. Gambar disadur dari freepik.com

Cara efektif yang mampu bekerja di hampir segala jenis smartphone

Nggak ada satupun pengguna setia smartphone di muka bumi yang senang dengan namanya low-batt! Ya, dengan semakin tingginya ketergantungan manusia masa kini dengan smartphonenya membuat kebutuhan mengisi daya baterai pun sudah hampir menyamai kebutuhan manusia untuk makan tiga kali sehari, bahkan lebih! Bener nggak?

Semakin ciamiknya tampilan dan teknologi dari smartphone, banyaknya aplikasi menarik untuk dijalankan dan juga kebutuhan smartphone untuk tetap online disetiap waktu memang menjadi penyebab utama mengapa smartphone membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa digunakan dengan “layak” setiap harinya.

Belum lagi didukung dengan pemakaian baterai yang salah di kesehariannya, selain membuat baterai menjadi lebih cepat habis, kesalahan penggunaan juga bisa memperpendek umur baterai. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri lagi, semakin lama umur smartphone maka semakin sedikit pula performa dan daya dari baterai tersebut.

Tapi setidaknya dengan beberapa langkah sederhana yang telah Pintasan.ID rangkum dibawah, Hal ini akan membuat performa baterai smartphone kamu menyerupai kondisi baru dan mampu untuk bertahan sedikit lama.

Langsung aja yuk cek 4 cara ajaib untuk membuat baterai smartphone kamu bertahan lebih lama!

1. Jangan Biarkan Baterai Kosong Seperti Hatimu..

Ini adalah langkah awal untuk diingat bagi semua pengguna baterai Lithium ION yang ada di smartphone. Untuk mempertahanakan kapasitas baterai seperti baru, pengguna harus menghindari kondisi baterai di angka 0%. Pastikan juga baterai telah terisi sebagian atau tidak benar benar habis disaat kamu tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama untuk menghindari penurunan kapasitas baterai karena over discharge.

2. Tak Seperti Kehidupan Romansamu, Perpanjang Waktu Pengisian Daya Smartphone milikmu.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali brand-brand smartphone kenamaan saat ini selalu menawarkan fitur untuk fast charging. Fitur ini memang sangat membantu dikala keadaan sedang darurat, tetapi penggunaan fast charging secara terus menerus dapat menyebabkan kapasitas baterai smartphone.

Dilansir dari QZ.com (31/7/2017), Secara fisik, proses pengisian daya dari logam ke ION melalui sebuah elektroda adalah proses yang sangat lambat. Jadi dengan pengisian daya baterai sedikit agak lama akan membuat baterai menjadi “benar-benar” penuh sehingga mampu memperbaiki kapasitas baterai.

3. Jaga Suhu Baterai, Karena Yang Sedang Sedang Saja Terkadang Lebih Baik!

Suhu paling optimal untuk baterai bisa bekerja “normal” adalah diantara 0℃ sampai dengan 45℃. Sebuah smartphone memang sudah sewajarnya dihindarkan dari paparan sinar matahari langusng dalam periode waktu yang lama. Penggunaan game yang menyebabkan smartphone menjadi lebih cepat panas juga harus segera dikurangi untuk menghindari penurunan kapasitas baterai menjadi lebih cepat.

4. Atur Penggunaan Smartphone Sehemat Mungkin, Layaknya Kencan Di Tanggal Tua

Selain ketiga tips sebelumnya, cara yang berkaitan dengan hardware dan software ini adalah cara praktis yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasilnya secara langsung.

Dengan menghemat penggunaan daya setiap harinya maka otomatis life cycle dari pengisian daya baterai pun otomatis berkurang. Hal ini secara tidak langsung membantu menjaga performa baterai tetap bagus layaknya baterai baru.

Lalu apa saja langkah-langkahnya? Dilansir dari TechAdvisor.com (11/5/2018), Berikut beberapa poin mengenai langkah langkahnya dibawah.

  • Atur kecerahan layar smartphone seperlunya saja. Sesuaikan dengan kondisi tempat atau gunakan auto brightness untuk mengatur kecerahan sesuai dengan keberadaan sinar matahari secara otomatis.
  • Ubah screen timeout kamu menjadi lebih cepat. Dengan begini daya baterai tidak akan terbuang percuma hanya untuk menampilkan layar yang tidak dilihat user
  • Usahakan penggunaan koneksi Bluetooth seperlunya. Meski penting, kita tidak serta merta menghubungkan koneksinya ke perangkat wireless setiap saat. pastikan koneksi ini dipakai seeperlunya.
  • Jangan terlalu sering menghidupkan Wifi dan GPS. Ya, Wifi dan GPS adalah kedua pasangan fitur serasi yang mampu menguras habis daya baterai secara lebih cepat, apalagi ditempat yang susah dijangkau dengan jaringan ataupun sinyal GPS.
  • Hindari penggunaan aplikasi yang berjalan di background sistem bersamaan. Pastikan kamu menggunakan aplikasi seperlunya saja, meskipun fitur multitasking ini sangat hebat, namun menjalankan banyak aplikasi yang memang tidak digunakan adalah tindakan yang kurang tepat.
  • Hindari Penggunaan Fitur/Mode Getar. Lain ceritanya kalau memang kondisi smartphone sedang silent, mode ini menjadi teramat penting. Namun ketika smartphone tidak dalam mode silent, pastikan fitur ini tidak hidup ya
  • Matikan Notifikasi Yang Tidak Penting. Tidak menghidupkan semua notifikasi membuat baterai menjadi tahan sedikit lebih lama. Lagipula apa faedahnya menghidupkan notifikasi dari fitur ataupun pesan yang tidak terlalu penting kan?
  • Nonaktifkan fitur Push Email. Melakukan pengecheckan dan menerima email setiap hari merupakan salah satu aktifitas yang boros daya. Jikalau kamu memang sedang liburan dan memang tidak diperlukan respon yang cepat melalui email, menonaktifkan fitur ini adalah langkah yang sangat tepat
  • Jangan Lupa Gunakan Power Saving (Mode Hemat) lebih awal. Walau terkadang fitur inibaru muncul dikala kondisi baterai mencapai 20% kebawah. Namun menggunakannya lebih awal akan mampu membuat daya tahan baterai menjadi lebih kuat dan tahan lama. Ya walaupun untuk penggunaan permainan berat fitur ini akan membuat smartphone berjalan lebih lambat, namun fitur ini memang sangat bermanfaat didalam keadaan darurat.

Bagaimana? Mudah bukan merawat baterai pada smartphone agar lebih awet dan tahan lama! Kalau kamu punya saran lain elain cara diatas jangan sungkan untuk berkomentar di kolom bawah ya!

Sayangi bateraimu, jangan minum yakult listrik tiap hari! Eh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *