7 Cara Sederhana Untuk Membuat Baterai Laptop Tahan Lebih Lama, Coba Sekarang!

Ilustrasi Baterai Pada Laptop. Gambar disadur dari freepik.com

Kalian tahu nggak kalau rata rata kapasitas baterai laptop akan menurun setelah 1 – 2 tahun pemakaian?

Syukurlah pada zaman modern ini, manusia telah menciptakan sebuah inovasi komputer personal yang dapat dijinjing kemanapun kita berada, sebuah Laptop!

Berbeda halnya dengan smartphone, dengan ukurannya yang lebih besar, fungsi laptop dapat digunakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih kompleks. Nggak kebayang kan kalau laptop belum tercipta? Kita mungkin akan dibuat ribet untuk memboyong semua perangkat komputer seperti CPU, Monitor, Keyboard dan segala kabel nya secara terpisah, Berat! Sama seperti rinduku pada cinta yang semu, asek!

Kembali lagi ke urusan Laptop! Layaknya sebuah elektronik portable lainnya, masalah utama yang biasanya sering sekali menyerang laptop adalah masalah pada baterai. Ya, Baterai Lithium ION yang sering sekali ditanamkan dalam laptop ini memang lambat laun kapasitas dan performanya akan berkurang seiring digunakan.

Dan satu hal yang membedakan baterai laptop dengan Smartphone selain dari kapasitasnya, adalah di harganya! Ya, dengan rata-rata harga baterai laptop yang lebih mahal dibandingkan dengan baterai smartphone membuat baterai laptop menjadi salah satu bagian terpenting yang harus dijaga.

Nah, nggak mau kan kalau baterai laptop kita rusak dan tidak mampu bertahan tanpa ada pasokan listrik, padahal pas lagi butuh butuhnya? Untuk itu, Dilansir dari wikihow.com, Pintasan.ID telah merangkum 7 cara sederhana untuk membuat baterai laptop tahan lama sehingga mampu mengembalikan esensi utama “portable” dari laptop! Ikuti langsung caranya dibawah

1. Lepaskan baterai dari laptop apabila kamu tidak menggunakannya selama periode waktu yang cukup lama (seminggu atau lebih).

Karena proses fisik yang terjadi didalam baterai masih tetap berjalan walaupun laptop dalam kondisi mati. Hal inilah yang sering membuat baterai laptop aus dan tidak bisa digunakan lagi. Eh, tips ini hanya berlaku untuk model baterai yang bisa dibongkar pasang didalam laptop.

2. Jangan letakan baterai ditempat yang terlalu panas

Sama seperti baterai lithium ION lainnya, panas yang berlebihan merupakan musuh utama dari kualitas baterai laptop.

3. Sebisa mungkin gunakan UPS untuk proses pengisian daya listrik ke baterai laptop.

Karena daya masuk yang stabil juga mempengaruhi ketahanan dan umur dari baterai sebuah laptop

4. Isi baterai laptop baru scara penuh sebelum benar benar digunakan

Adalah wajib untuk melakukan pengisian baterai secara penuh pada awal pembelian. setelah penggunaan, lakukan pengisian baterai ketika indikator mulai lemah (semisal 20%). Hal ini berguna untuk mengisi baterai baru dengan kapasitas maksimal.

5. Jangan memasang baterai dikala kamu menggunakan kabel listrik langsung dalam waktu yang lama

Melakukan hal ini berarti membuat baterai melakukan pengisian dalam kondisi yang konstan / tidak ada perubahan. Dalam waktu yang lama, hal ini secara tidak langsung mengurani life cycle dari sebuah baterai.

Sama seperti tips yang pertama, cara ini hanya berlaku untuk model baterai yang bisa dibongkar pasang didalam laptop.

6. Mengatur kecerahan layar dari layar laptop

Penggunaan kecerahan layar yang tidak berlebihan, dan juga menonaktifkan layar dalam keadaaan idle akan sangat membantu mengurangi pemakaian daya. Dan dengan minimnya kegiatan pengisian yang bakal dilakukan, hal ini akan membuat jangka hidup baterai menjadi lebih lama.

7. Mengurangi aplikasi dan program yang berjalan di backgound

Jalankanlah program atau aplikasi yang kamu gunakan satu persatu didalam sistem. Multi-tasking memang bagus, namun program yang berjalan di background sebenarnya membutuhkan resource yang lumayan besar dan mampu mengurangi jangka hidup baterai secara signifikan.

Bagaimana, mudah bukan? meskipun langkah diatas cukup sederhana, namun hal ini nampaknya mampu membuat performa dan jangka hidup dari baterai laptop tetap terjaga. Dan tentunya kita tidak akan kehilangan uang beberapa ratus ribu hanya karena kecerobahan saat penggunaan sehari-hari.

Eits tunggu dulu, apakah kamu memupunyai cara yang lebih efektif dibandingkan dengan ketujuh tips diatas? Jangan lupa tuliskan pendapat dan pengalaman kamu di kolom komentar bawah ya

Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *