Cara Mudah Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android!

File penting nggak sengaja kehapus? Jangan khawatir! Kembalikan filenya dengan mudah sekarang

Bisakah saya mengembalikan data yang terhapus dari sebuah smartphone Android? Yups, pertanyaan ini mungkin sering sekali ditanyakan, apalagi kalau kamu adalah seorang teknisi IT atau seonngok manusia biasa yang dulunya pernah sekolah mengambil jurusan IT. Mereka menganggap kita adalah superman yang mampu mengetahui banyak hal, walaupun sejujurnya mendapatkan keyword yang bagus di google adalah salah satu kunci anak IT untuk memperbaiki segala macam hal di dunia kami, Halah!

Oke lanjut lagi ke permasalahan mengenai recovery data yang terhapus di android! Meskipun tidak banyak cara yang terpampar di internet, namun proses recovery di perangkat android ini masih mungkin untuk dilakukan, walau kemungkinan keberhasilannya tidak sebesar recovery data di perangkat lain seperti flashdisk ataupun laptop.

Lalu bagaimana caranya? langsung saja ikuti beberapa langkah dibawah dengan detail dan hati hati, seperti menjaga topik obrolan kamu di depan calon mertua! Ehem!

Langkah 1 : Pastikan Jangan Lakukan Apapun!

Ya, jangan lakukan apapun terlebih dahulu, sebelum kamu mencermati langkah langkah yang ada disini. Ketika sebuah file terhapus dari perangkat android, sejujurnya file tersebut masih di lokasi yang sama didalam media penyimpanan. Hanya saja space atau wadah dari file tersebut sudah ditandai dengan label “unused” atau tidak terpakai. Yang mana berarti ruang didalam memori tersebut memungkinkan untuk diisi dengan data baru oleh sistem penyimpanan.

Andaikan space yang telah terlabeli tersebut sudah terisi oleh data yang baru, maka data yang barusan terhapus akan tergantikan dengan data baru dan silahkan ucapkan selamat tinggal karena datanya akan hilang selama-lamalamalamalamalamanya, alias terhapus permanen. Bingung? Gak papa lanjut aja bacanya!

Jadi step pertama ini memang cukup krusial dalam melakukan langkah awal dalam proses recovery data di android. Untuk memastikan proses recovery akan berjalan lancar, maka kedua hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Berhenti Membuat Data / File Baru
  • Lakukan Proses Recovery Data Secepatnya

Berhenti membuat data / file baru disini mempunyai definisi yang sangat luas. Seseorang bisa membuat data baru dengan install atau tidak sengaja update aplikasi, mengunduh berbagai macam file, ataupun mengambil foto atau video dan sebagainya.

Akan lebih aman ketika kamu tersadar telah menghapus file penting, maka langsung matikan semua koneksi dan batasi aktivitas penggunaan hp android kamu seminimal mungkin.

Langkah 2 : Install Aplikasi Untuk Recovery Data Hp Android Di Komputer / Laptop

Untuk tips kali ini, silahkan install terlebih dahulu aplikasi FonePaw di Laptop atau komputer kamu. FonePaw Android Data Recovery adalah aplikasi yang secara khusus didesain untuk melakukan pemulihan data ayang tidak sengaja terhapus ataupun hilang didalam sebuah android.

Walaupun aplikasi berbayar, FonePaw memiliki segudang kelebihan. Selain mendukung beberapa jenis brand, aplikasi ini juga dapat memulihkan hampir berbagai jenis data, seperti gamba, musik, video, SMS, dan dokumen lainnya. Untuk memulainya silahkan ikuti tutorial lengkapnya dibawah ini

1. Install dan Sambungkan Dengan Perangkat Android

Setelah proses instalasi berhasil, jalankan aplikasinya di PC atau laptop kamu masing masing. Lalu sambungkan dengan perangkat android kamu melalui sebuah kabel USB.

Proses menyambungkan aplikasi dengan perangkat. Gambar diambil dari fonePaw.com
2. Ijinkan Aturan USB Debugging

Buka perangkat android kamu, lalu ijinkan pengaturan USB debugging. Fitur ini akan memungkinkan aplikasi di komputer untuk melakukan beberapa proses “komunikasi” untuk melakukan pencarian file yang diinginkan.

Proses mengijinkan USB debugging. Gambar diambil dari fonePaw.com

Kamu bisa melakuakn pengaturannya melalui menu Pengaturan kemudian masuk ke Tentang Telepon. Lalu klik nomor seri perakitan/pengembangan selama 7 kali hingga keluar tulisan “Kamu dalam mode pengembang“.

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi pengembang dan pilih USB Debugging.

3. Pilih Tipe File Yang Diinginkan

Setelah perangkat smartphone berhasil dihubungkan, Langkah selanjutnya adalah memilih beberapa tipe file yang diinginkan untuk dipulihkan. Setelah pemilihan tipe dirasa cukup, klik tombol Next

Proses Memilih Tipe FIle. Gambar diambil dari fonePaw.com
4. Proses Analisa Perangkat Dan Berikan Ijin Untuk Scan File

Didalam langkah ini, program akan melakukan pengecheckan informasi yang ada didalam perangkat lalu mencoba untuk mendapatkan root pemission. Oleh sebab itu, sebelum berada pada posisi ini pastikan perangkat android kamu sudah rooted terlebih dahulu ya.

Proses untuk mengijinkan akses rooted. Gambar diambil dari fonePaw.com

Kalau device kamu belum pernah diroot sebelumnya, lakukan rooted terlebih dahulu melalui artikel Pintasan.ID berikut :
Mengenal Proses Root Di HP Android Dan Cara Mudah Untuk Melakukannya!

Root permission ini diperlukan untuk aplikasi ini agar memperoleh ijin mengakses semua file yang telah terhapus. Ketika perangkat kamu sudah di rooted, buka ijin untuk scan file dengan klik Ijinkan pada layar yang ada di perangkat android.

Ketika ijin nya sudah terbuka, maka aplikasi FonePaw akan mulai melakukan scanning semua data yang telah terhapus. proses ini memakan waktu yang cukup lama. jadi bersabarlah hingga prosesnya selesai

Proses Scanning File yang Terhapus. Gambar diambil dari fonePaw.com
5. Terakhir! Pilih File Untuk Di Recovery

Ketika semua data yang terhapus ditemukan, maka otomatis aplikasi akan menampilkannya kedalam layar. Untuk menampilkan file yang terhapus saja, klik ON pada opsi Display deleted items only. Dari semua list file yang tampil, klik Recover pada file yang ingin kamu pulihkan.

List dari File terhapus yang ditemukan. Gambar diambil dari fonePaw.com

File yang berhasil dipulihkan akan disimpan di perangkat komputer atau laptop. Dan jangan lupa juga untuk melakukan backup pada file penting agar kejadian tersebut tidak terulang lgi di kemudian hari.

Lalu Bagaimana Kalau Android Saya Belum Di Rooted?

Sayang sekali recovery tidak akan bisa dilakukan. Tanpa rooted, proses scanning data yang terhapus tidak akan mungkin bisa dilakukan. karena data yang terhapus ada di bagian sistem yang hanya mampu diakses dengan root privilege.

Jadi untuk win-win solution, kamu bisa melakukan rooted pada perangkat android kamu terlebih dahulu, kemudian setelah selesai proses unroot bisa dilakukan.

Oh iya, sudah saya katakan apabila FonePaw adalah aplikasi berbayar? Kamu bisa mencari beberapa alternatif aplikasi recovery gratis lain di Internet, untuk prosesnya mungkin tidak akan terlalu jauh berbeda. Namun satu hal yang perlu diingat, usahakan semaksimal mungkin untuk menggunakan aplikasi recovery untuk diinstall laptop, hal ini mencegah data akan terhapus permanen jika slot nya terisi dengan aplikasi yang baru saja terinstall, bakal sia-sia bukan?

Atau kamu punya metode lain yang lebih mudah? Bagikan pendapat kamu dikolom komentar yang ada dibawah ya

Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *