Cara Sederhana Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

Ilustrasi recovery data di Flashdisk. Gambar diambil dari freepik.com dan disadur oleh Pintasan.ID

Masih Pake Flashdisk? Datanya Gak Sengaja Kehapus? Gak Usah Bawa Ke Orang pinter lagi, Recovery Sekarang!

Yang namanya kehilangan data pasti bakal membuat siapapun resah tiada tara. Tak bisa makan, tak sanggup tidur, nggak bisa buang angin, bernafas pun menjadi enggan adalah salah satu tanda yang biasa ditunjukan penderitanya. Apalagi kalau datanya cuman ada satu dan tidak ada penggantinya. Duh rasanya pingin sekali kita mengembalikan waktu dan memaki diri kita sendiri sesaat sebelum “kecelakaan” itu terjadi, bener nggak?

Yups, kehilangan data memang bisa terjadi di berbagai perangkat elektronik yang mempunyai sistem penyimpanan didalamnya. Beberapa waktu lalu, Pintasan.ID juga telah membuat beberapa tips untuk recovery data di komputer dan android.

Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows 10 Dengan Mudah!

Cara Mudah Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android!

Di perangkat flashdisk sendiri, kehilangan data bisa terjadi dengan beberapa penyebab kemungkinan, seperti:

  • Keteledoran pengguna yang tidak sengaja menghapus data dengan tangannya sendiri
  • Serangan virus
  • Sumber listrik mati secara tiba tiba disaat proses penyimpanan berlangsung
  • Asal cabut flashdisk dikala flashdisk digunakana
  • Ketidaksengajaan melakukan format pada flashdisk

Dari banyaknya list diatas, kamu masuk kategori yang mana nih?

Walaupun akhir akhir ini penggunaan flashdisk sudah tidak sepopuler seperti di awal jaman milenial dahulu kala. Namun Pintasan.ID tetap tidak meninggalkan tips dan trik untuk recovery pada data yang terdapat di flashdisk. Jadi buat kamu pengguna setia flashdisk, langsung ikutin cara sederhananya dibawah ya:

1. Sama seperti proses recovery lainnya, langkah pertama adalah jangan lakukan apapun dengan flashdisk.

Untuk mendapatkan data mu kembali, jangan sekali kali menggunakan flashdiskmu untuk menyimpan, ataupaun memindahkan data-data baru. Semakin kecil frekuensi penggunaan flashdisk sesaat setelah kecelakaan terjadi, maka peluang data kamu bakal bisa dipulihkan kembali juga bakal semakin besar

2. Install aplikasi recovery data dan sambungkan flashdisk kamu ke komputer

Halaman utama Aplikasi EaseUS. Gambar diambil dari EaseUS.com

Sebagai contoh, kali ini Pintasan.ID memilih aplikasi EaseUS, untuk memulainya kamu bisa download aplikasi EaseUS pada link download berikut. Kamu bisa menggunakan aplikasi recovery lainnya jika kurang cocok dengan aplikasi yang satu ini. Jangan khawatir, langkah-langkahnya juga tidak akan terlalu jauh berbeda. Untuk lebih detailnya ikuti beberapa lngkah dibawah berikut ya

  • Pastikan flashdisk sudah tersambung dengan komputer yang sudah terinstall dengan aplikasi recovery data, EaseUS misalnya. Jika sudah terhubung jalankan aplikasinya untuk mengawali proses ini.
  • Di halaman awal aplikasi EaseUS, pilih lokasi drive tempat dimana flashdisk kamu berada. kemudian klik Scan agar aplikasi EaseUS dapat memulai mencari data yang hilang sebelumnya.
Data hasil Scan dari aplikasi EaseUS. Gambar diambil dari EaseUS.com

3. Setelah hasil Scanning selesai, tentukan data mana yang ingin kamu recovery.

  • Jika tidak ada masalah, aplikasi EaseUS akan menampilakan semua data yang telah terhapus di falshdisk namun masih tersimpan dan memungkinkan untuk direcovery kembali.
  • Deleted FilesĀ adalah fitur untuk mensortir data yang telah terhapus. sedangkan Lost Partition data adalah akses untuk mencari data yang tidak sengaja terformat sebelumnya.
Tahap terakir proses recovery. Gambar diambil dari EaseUS.com
  • Untuk melakukan proses recovery data, kamu bisa klik ganda pada file ang diinginkan, kemudian pilih Recover untuk menuyimpan datanya kembali ke komputer atau media penyimpanan lainnya.
  • Dan selesai, seharusnya jika tidak ada masalah kembali, data kamu bakal sukses untuk dipulihkan.

Bagaimana mudah bukan caranya? Apakah kamu mempunyai referensi metode yang paling mudah lainnya? Jangan lupa untuk share pengalaman kamu di kolom komentar dibawah ya

Semoga Berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *