Kualifikasi Jurusan “Nyeleneh” Di Pengumuman CPNS Kota Malang 2019!

Jurusan “Baru” yang ikut andil dalam gawai besar CPNS tahun ini.

Gambar disadur dari www.kanalkalimantan.com

Seperti yang kita tahu, pada 11 November 2019 kemarin, hampir seluruh Instansi yang ada di Indonesia secara kompak merilis pengumuman formasi pada laman situs resmi mereka.

Sama halnya dengan instansi lain, melalui situs resmi nya, https://bkd.malangkota.go.id/ pihak BKD Kota Malang juga telah menginformasikan ada total 335 formasi yang tersedia untuk pendaftaran tahun 2019. Secara garis besar, formasi tersebut terbagi menjadi 3 bidang, yakni tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Formasi tertinggi ada di tenaga pendidik, disusul tenaga kesehatan dan yang terendah adalah tenaga teknis sejumlah 86 formasi.

Sekilas semua mungkin tampak baik-baik saja, tenggelam dalam euforia CPNS 2019 yang telah dinanti-nanti jutaan pelamar setelah sekian purnama lamanya. Namun jika ditilik lebih dalam, ada salah satu formasi di tenaga teknis di Kota Malang yang menarik perhatian penulis, yakni formasi Pranata Komputer Ahli Pertama.

Formasi Pranata Komputer Ahli Pertama BKD Kota Malang

Di Indonesia, pembagian jurusan komputer mengacu dan mengadaptasi pada computing curricula, aturan penamaan dan pembagian konsentrasi jurusan komputer yang telah dibuat oleh beberapa asosiasi pendidikan internasional. Hasil adaptasi kurikulum tersebut menghasilkan tiga konsentrasi jurusan komputer di Indonesia.

  1. Computer Science : Untuk program studi Teknik Informatika atau Ilmu Komputer atau Informatika
  2. Computer Engineering : Untuk program studi Sistem Komputer atau Teknik Komputer
  3. Information System : Untuk program studi Sistem Informasi atau Manajemen Informatika

Dari ketiga konsentrasi jurusan tersebut, S-1 Sistem Informatika tidak ada di ketiganya. Kemudian yang menjadi pertanyaan ialah, apakah jurusan atau Prodi ini memang ada dan valid? atau mungkin ini adalah jurusan komputer terbaru di Indonesia?

Penulusuran prodi “baru” ini juga telah dilakukan di website resmi FORLAP DIKTI berikut https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/search, Dan sesuai perkiraan, hasil penelusuran dengan kata kunci “Sistem Informatika” juga tidak membuahkan hasil di situs resmi tersebut.

Hasil Pencarian Prodi Sistem Informatika di Laman Resmi DIKTI
Hasil Pencarian Prodi Sistem Informatika di Laman Resmi DIKTI

Dari beberapa informasi diatas, opini penulis bermuara ke beberapa kemungkinan, yakni

#Kemungkinan Pertama

Salah tulis, kesalahan ini wajar dilakukan karena memang banyak sekali data yang harus diringkas kedalam berkas pengumuan untuk diunggah daring. Jika memang salah tulis, koreksi dari penulisan nama prodi “Sistem Informatika” ini kemungkinan nya adalah Teknik InformatikaSistem Komputer, atau Manajemen Informatika.

#Kemungkinan Kedua

Adanya aturan dari pusat (BKN atau badan berwenang lain) yang menentukan adanya prodi “Sistem Informatika” didalam CPNS 2019, sehingga BKD Kota Malang memilih data berdasarkan pada Prodi-Prodi yang telah disusun sebelumnya oleh Pusat.

Karena setelah dicek di situs SSCN, ada instansi lain yang juga menuliskan syarat S-1 Sistem Informatika didalam daftar formasinya


Pencarian Prodi Sistem Informatika di SSCN

Apapun kemungkinan yang bakal terjadi kedepannya, yang diharapkan pelamar adalah keputusan yang akan dibuat baik dari BKD Kota Malang atau BKN Pusat tidak akan mengecewakan pelamar atau memadamkan antusiasme CPNS 2019.

Mari kita tunggu saja jawaban dari kedua pihak tersebut.


Ketahui 5 Fakta Terbaru Dari CPNS 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *