Samsung Galaxy A7: smartphone dengan setup tiga kamera belakang

Samsung Galaxy A7

Samsung Galaxy A7

Jika kita menilik kebelakang tentang trend smartphone dikelas mid-end, kebanyakan dari mereka terlihat mirip. Setelah keluncuran Apple iPhone X tahun lalu, kita semua tahu bahwa kebanyakan smartphone Android keluaran tahun ini memiliki desain yang hampir mirip, mulai dari ukuran layar sampai dengan desain notch. Tetapi untunglah, Samsung tidak ikut-ikutan arus (setidaknya sampai tulisan ini dibuat), mereka lebih menonjolkan pilihan desain dengan ukuran bezel yang tipis untuk smartphone kelas mid-end sampai flagship-nya. Tetapi, bukan hanya itu saja yang jadi keunggulan dalam seri Smartphone mereka terbaru kali ini. Dengan adanya Samsung Galaxy A7, mereka menawarkan smartphone dengan setup tiga kamera pertama merak. Pertanyaannya sekarang, dengan adanya bentuk sedemikian itu, apakah smartphone ini akan menakjubkan dalam segi kualitas kameranya?

Design and display
Desain Galaxy A7 sangat kokoh tetapi saat digenggam terasa tidak terlalu besar ditangan. Desain glass sandwich tentunya menambahkan unsur premium. Tiga setup kamera belakang berada di pojok kiri atas dengan orientasi memanjang vertical, dengan sebuah Flash LED yang terletaak tepat dibawahnya. Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidi jari terletak pada sisi kanan smartphone, namun tombol power tersebut agak sedikit keras saat ditekan, jadi perlu beberapa saat agar anda terbiasa.

Diatas tombol power ada tombol volume. Sama seperti tombol power, anda perlau terbiasa untuk menggunakannya, dan anda perlu penyesuaian genggaman saat menggunakan smartphone ini dengan satu tangan. Slot kartu SIM ada disebelah kiri, sementara 3.5mm jack audio dan port micro USB terletak dibagian bawah, beserta loudspeaker. Mungkin yang kurang adalah, dengan range kelas smartphone ini harusnya sudah dibekali dengan port pengisian USB tipe C, agar terlihat lebih kekinian.

Berlanjut ke tampilan, smartphone ini menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6-inch dengan resolusi FHD+. Bezel layar cukup tipis dan tidak ada kendala dalam pemakaian sehari-hari. Untuk ukuran rasio layar samsung tetap mempertahankan aspek rasio 18.5:9 seperti pada seri-seri sebelumnya. Panel layar Super AMOLED, seperti biasa terkenal dengan warnanya yang terasa sangat tajam. Tingkat kecerahannya juga sangat mendukung untuk pemakaian di luar ruangan. Dengan reputasi Samsung untuk masalah layar, pemakaian sehari-hari anda seperti menonton film tidak akan mengecawakan.

Kamera
Galaxy A7 merupakan smartphone pertama Samsung yang menawarkan setup tiga kamera belakang. Hal ini secara tidak langsung menyiratkan bahwa untuk hasil kamera yang dihasilkan sangat baik. Untuk info awal, sensor kamera belakang memiliki setup seperti berikut, lensa pertama beresolusi 24MP dengan aperture f/1.7 serta PDAF support, kemudian lensa kedua memiliki resolusi 5MP dengan sensor aperture f/2.2, PDAF support. Kemudian untuk sensor kamera ketiga mempunyai resolusi 8MP sensor wide-angle dengan aperture f/2.4. Dibawah ketiga lensa kamera tersebut juga ada lampu LED untuk membantu smartphone dalam pengambilan gambar dikondisi minim cahaya.

berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera dari smartphone Samsung Galaxy A7:

Perangkat Lunak dan Kinerja
Galaxy A7 berjalan pada sistem operasi bawaan Samsung UI 9.0 yang berbasis pada Android Oreo 8.0 yang datang dengan beberapa aplikasi bawaan seperti yang biasa anda lihat pada smartphone Samsung lainnya. Ada aplikasi Game Launcher yang membantu anda untuk mengelola notifikasi dan pengaturan ponsel untuk membantu anda dalam memainkan permainan agar tidak ada yang menggangu.

Samsung Galaxy A7 diperkuat dengan prosesor octa-core Exynos 7885 SoC, dengan kecepatan 2.2GHz. Smartphone ini tersedia varian 4GB Ram/64 GB internal storage atau 6GB Ram/128GB internal storage. Smartphone ini mampu untuk menjalankan hampir semua aplikasi dan game tanpa adanya lag. Game dengan requirement yang cukup tinggi mungkin akan terasa kurang nyaman untuk dimainkan di smartphone ini. Tetapi untuk hampir sebagian game yang beredar sekarang smartphone ini berhasil melahapnya dengan baik.

Baterai
Untuk ukuran smartphone yang tidak terlalu berat, Galaxy A7 ditenagai dengan baterai berukuran 3.300mAh. Saat dilakukan pengetesan pemutaran video HP non-stop, dalam 14 jam pemakaian dari kondisi full 100% baterainya masih tersisa 20 persen. Tentu dengan ukuran tersebut, jika digunakan sehari-hari smartphone ini bisa tahan seharian.

Kesimpulan

Mungkin saat anda membawa smartphone ini, anda akan ditanyai tentang ponsel ini. Yang paling sering, mungkin adalah, tentang performa hasil jepretan kameranya. Setup tiga kamera belakang pastinya akan memancing setiap mata yang memandang. Ditambah dengan desain yang premium akan menambah daya tarik tersendiri. Tetapi jika melihat persaingan dikelas harga yang ditawarkan, seperti Poco F1 dan Asus Zenfone 5Z. Bahkan Vivo V11 Pro dapat dikategorikan sebagai saingan terberat Galaxy A7. Jika anda termasuk orang yang lebih mementingkan merk suatu barang daripada performanya, anda bisa membeli ponsel ini. Tetapi jika anda lebih mementingkan performa yang ditawarkan, sebaiknya anda bisa memilih smartphone lain seperti yang tertera diatas.

Keunggulan
Sensor wide angle yang cukup membantu
Desain yang memukai
Build Quality yang bagu

Kekurangan
Performance issues
Tidak adanya port USB Tipe C

Harga Smartphone Galaxy A7 : Rp. 4.400.000

One thought on “Samsung Galaxy A7: smartphone dengan setup tiga kamera belakang”

  1. Pingback: 3 Desain Smartphone yang paling unik di dunia - Pintasan.ID
  2. Trackback: 3 Desain Smartphone yang paling unik di dunia - Pintasan.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *