Tips dan Trik : Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows 10 Dengan Mudah!

Ilustrasi Recovery Files Pada Komputer. Gambar disadur dari Freepik.com

Code Embed: No embed code was found for CODE30s

File nggak sengaja terhapus? Nggak usah galau, yuk restore filenya sekarang!

Nah siapa yang sering banget kejadian kayak gini di laptop atau komputer kalian? Sebagian besar pasti sudah paham kan bagaimana rasanya kalau file penting nan berharga kita tidak sengaja terhapus, yang pasti sang pemilik file bakal pusing tujuh keliling apalagi kalau file backup-nya juga tidak tersedia, Wuh lengkap sudah penderitaannya!

Pada umumnya, semua file yang terhapus akan dipindahkan kedalam folder Recycle Bin. Dan mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari folder tersebut memang sangat mudah, pengguna tinggal masuk, lalu kemudian restore file yang diinginkan.

Namun akan lain lagi ceritanya jika file tersebut terhapus secara permanen, misalnya pengguna dengan tidak sengaja menguras habis isi dari Recycle Bin ataupun tidak sengaja menekan [ Shift+Delete ] pada file tersebut. Yang jadi pertanyaannya, apakah file yang terhapus permanen ini dapat dikembalikan lagi di Windows 10?

Untungnya dengan sistem penyimpanan data digital yang ada di windows, data yang dihapus permanen masih belum benar-benar dihapus secara fisik dari laptop atau komputer. Blok data yang berisi file yang dihapus permanen ini akan ditandai sebagai “space kosong” dan menunggu untuk diisi dengan data file yang baru.

Dengan sistem penyimpanan seperti itu, data yang tidak sengaja terhapus permanen masih mungkin dikembalikan lagi asalkan tidak ada aktifitas pemindahan file didalam folder tersebut.

Nah, bagaimana caranya untuk restore filenya di Windows 10? Langsung cek dibagian bawah ya

1. Restore File Di Windows 10 Dengan File History

Di Windows, ada salah satu fitur yang paling berguna untuk menangani recovery data yang hilang atau rusak, yakni dengan File History. Yang perlu diperhatikan pertama adalah pastikan status File History kamu dalam keadaan ON atau menyala untuk memungkinkan windows melakukan backup pada semua data yang ada di media penyimpanan.

Asalkan fitur ini sudah dihidupkan sebelumnya, caranya pun cukup sederhana, silahkan ikuti tutorial mudah dibawah ini :

#1 Langkah Pertama
Langkah pertama adalah mengingat di folder mana file yang telah kamu hapus sebelumnya

#2 Langkah Kedua
Di halaman pencarian windows, ketik dan cari fitur “File History” dan buka fiturnya.

Pencarian File History di Windows 10. Gambar diambil dari https://www.easeus.com

#3 Langkah Ketiga
Didalam fitur File History, cari dan tentukan di folder mana file atau datamu dihapus, fitur ini akan menampilkan semua data yang telah terbackup didalam windows. Klik tombol Previous untuk mencari dan menemukan file yang ingin di retrieve. Jika file sudah ditemukan, klik tombol Restore berwarna hijau untuk mendapatkan filenya kembali.

Pencarian direktori di File History. Gambar diambil dari https://www.easeus.com

Hati hati dengan fitur ini, karena berupa backup maka sistem akan menampilkan file dengan hasil sesuai dengan backup terakhir. Pastikan kamu tidak melakukan penggantian file lain dengan menggunakan fitur ini kecuali filennya memang hilang atau rusak.

Catatan : Kalau kamu belum menghidupkan fitur ini di windows 10, langsung loncat ke tips no 2 dibawah ya!

2. Restore File Yang Hilang Dengan Software Pihak Ketiga

Jika memang fitur File History tidak bekerja dengan baik, ataupun kamu tidak menghidupkan fiturnya sejak awal, maka penggunaan software pihak ketiga adalah opsi kedua yang paling tepat. Dari beberapa software yang ada di Internet belakangan ini, Pintasan.ID merekomendasikan aplikasi EaseUS. DIlansir dari website resi EaseUS, aplikasi ini diklaim dapat melakukan recovery data yang dihapus permanen dalam wakru beberapa menit saja, keren kan!

Langkah-langkahnya pun juga bisa dibilang lumAyan mudah, cukup dengan tiga langkah, kamu bisa mendapatkan file yang diinginkan kembali ke pangkuan. Tutorialnya seperti berikut

#1 Langkah Pertama
Buka Aplikasi EaseUS dan Pilih Lokasi File. Didalam aplikasi EaseUS, pilih lokasi dan folder dimana file tersebut tidak sengaja terhapus.

Pilih direktori dari Aplikasi EasyUs. Gambar diambil dari https://www.easeus.com

#2 Langkah Kedua
Langkah kedua adalah Scan. Setelah pengguna memilih lokasi dan menekan tombol Scan, maka software akan jalan secara ototmatis dan akan menmapilkan direktori “Deleted Files”.

Tampilan ketika proses Scan selesai dilakukan. Gambar diambil dari https://www.easeus.com

Jika didalam direktori “Deleted Files” tidak ketemu, cek juga bagian “Extra Files” di direktori terpilih. Extra files pada umumnya memuat file tang sudah terhapus namun kehilangan detail nama dan direktori / path di posisi awal file sebelum dihapus.

#3 Langkah Ketiga
Apabila file telah ditemukan, tekan tombol Recover untuk memulai proses mengembalikan file yang hilang

Tampilan ketika proses recovry dilakukan. Gambar diambil dari https://www.easeus.com

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengembalikan data yang terlanjur terhapus permanen di Windows 10. Apakah kalian punya cara yang lebih efektif dibandingkan dengan kedua cara diatas? Share pengalaman kalian di kolom komentar dibawah ya

Selamat Mencoba

2 thoughts on “Tips dan Trik : Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows 10 Dengan Mudah!”

  1. Fadli says:

    Ternyata berbayar

  2. blumbungan tehnik says:

    informasi yang sangat bermamfaat banget boskuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *